TUGAS UTAMA GURU
SMK WALI SONGO NGAWEN BLORA
Ketentuan tentang guru mengamanatkan bahwa paling tidak tugas utama guru sebagai guru professional ada, yaitu :
Pertama, guru sebagai pendidik.
Apa yang terlihat, terdengar dan terasa oleh siswa dari guru harus berfungsi
sebagai teladan yang akan ditiru dan diamalkan oleh siswa, karena itu
beri teladan baik buat siswa dalam segala kesempatan
Kedua, guru sebagai pengajar.
Pada posisi ini guru harus menjadikan dirinya sebagai seorang professional dan memiliki kompetensi sesuai
dengan mata Pelajaran yang diajarkan, karena bagaimana mungkin dapat
melahirkan siswa yang memiliki kompetensi kalau guru immpotensi
Ketiga, guru sebagai pembimbing.
Pada
posisi ini seyogianya guru berada dibarisan depan untuk membimbing
siswa kearah tujuan yang diharapkan. Karena itu guru harus pro aktif
dalam memahami kondisi dan potensi yang dimiliki siswa.
Keempat, guru sebagai pengarah.
Arahkan
siswa untuk dapat mengembangkan seluruh potensi dan kretifitas siswa
kepada tujuan pembelajaran, rangsang siswa untuk mampu merespon dan
melakukan sendiri apa yang seharusnya mereka lakukan.
Kelima, guru sebagai pelatih.
Pada
posisi ini guru harus mampu memberikan latihan secara secara terukur
dan terus menerus agar apa yang menjadi target pembelajaran tercapai
Keenam, guru sebagai penilai.
Menilai
siswa berarti sebuah upaya untuk mengetahui apakah proses pembelajaran
yang sudah dilakukan telah dilakukan secara efektif, karena itu lakukan
kegiatan penilaian ini secara teratur dan terukur.
Ketujuh, guru melakukan evaluasi kegiatan pebelajaran.
Itulah sebabnya
seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran harus dilakukan kajian
dan analisis. Kalau nilai siswa sudah dianggap baik, tentu cari tahu apa
sebabnya, demikian pula sebaliknya.
Untuk mengakomodir dan mewujudkan tugas-tugas utama guru tersebut, ada beberapa langkah yang harus disiasati oleh guru yaitu :
1. Buat perencaaan pembelajaran sesuai dengan tujuan
2. Lakukan proses pembelajaran aktif, reaktif, pro aktif dan efektif.
3. Evaluasi hasil pembelajaran secara teratur dan terukur
4. Analisa respon dan jawaban siswa
5. Lakukan perbaikan penyajian dan perencaan pembelajaran berikutnya.
PENGGUNAAN TAG IMG
Gambar MR AHMAD SUJANTO