iklanku

kasihku

rinduku

Wednesday, September 27, 2017

KOMBINASI TOMBOL KEYBOARD KOMPUTER

KOMBINASI TOMBOL KEYBOARD KOMPUTER
1.      [F1] : Membuka jendela bantuan.
2.      [F2] : Mengganti nama objek yang dipilih.
3.      [F2] : Memindahkan karakter yang dipilih (pada Ms.Word). Caranya blok karakter yang dipilih, tekan F2, klik posisi baru kemudian tekan Enter.
4.      [F3] : Mencari semua file.
5.      [F4] : Memilih Pergi Untuk Sebuah kotak Folder yang berbeda dan bergerak ke bawah untuk memilih daftar dalam kotak (jika toolbar aktif di Windows Explorer).
6.      [F4] : Mengulangi aktivitas sebelumnya (pada MS.Word). 
7.      [F5] : Refresh jendela aktif.
8.      [F5] : Pergi ke halaman tertentu (Go To) (pada Ms.Word).
9.      [F6] : Berpindah di antara panel di Windows Explorer.
10.  [F7] : Memperbaiki kata yang salah (pada Ms.Word).
11.  [F8] : Memblok satu kata atau seluruh kata (pada Ms.Word).
12.  [F9] : Mengitung kembali semua lembar kerja (pada Ms.Word).
13.  [F10] : Mengaktifkan opsi menu bar.
14.  [F10] : Mengaktifkan tombol akses.

15.  [F11] : Full screen pada Windows Explorer.
16.  [F12] Menyimpan dokumen di folder (Save as) (pada Ms.Word).
17.  [CAPS LOCK] : Mengetik semua teks huruf kapital.
18.  [NUMLOCK] : Mengaktifkan fungsi tombol numerik.
19.  [TAB] : Berpindah ke kontrol selanjutnya yang ada di dalam kotak dialog.
20.  [TAB] : Memajukan kursor beberapa spasi (pada Ms.Word).
21.  [ENTER] : Sama dengan mengklik tombol OK.
22.  [ENTER] : Membuat paragraf baru (pada Ms.Word).
23.  [ESC] : Sama dengan mengklik tombol Cancel.
24.  [SPACEBAR] : Membuat renggangan (spasi).
25.  [BACKSPACE] : Menghapus karakter sebelah kiri kursor.
26.  [DELETE] : Menghapus karakter sebelah kanan kursor.
27.  [HOME] : Memindahkan kursor ke awal paragraf.
28.  [END] : Memindahkan kursor ke akhir paragraf.
29.  [WINDOWS] : Menu Start.
30.  [PAGE UP] : Pindah setengah halaman sebelumnya (pada Ms.Word).
31.  [PAGE DOWN] : Pindah setengah halaman berikutnya (pada Ms.Word).
32.  [CTRL+A] : Memilih semua item pada jendela aktif.
33.  [CTRL+A] : Memblok seluruh karakter (Select All) (pada MS.Word).
34.  [CTRL+B] : Menebalkan karakter terpilih (Bold) (pada MS.Word).
35.  [CTRL+C] : Menyalin karakter/objek terpilih (Copy).
36.  [CTRL+D] : Mengatur font tulisan (pada MS.Word).
37.  [CTRL+E] : Menjadikan teks rata tengah (Center) (pada MS.Word).
38.  [CTRL+F] : Pencarian kata tertentu dalam dokumen aktif (Find).
39.  [CTRL+G] : Pergi ke halaman tertentu (Go To) (pada MS.Word).
40.  [CTRL+H] : Mengganti kata tertentu (Replace) (pada MS.Word).
41.  [CTRL+I] : Memiringkan karakter/objek terpilih (Italic) (pada MS.Word).
42.  [CTRL+J] : Menjadikan teks rata kiri-kanan (Justify) (pada MS.Word).
43.  [CTRL+K] : Menautkan karakter terpilih dengan file lain (Insert Hyperlink) (pada MS.Word).
44.  [CTRL+L] : Menjadikan teks rata kiri (Left) (pada MS.Word).
45.  [CTRL+M] : Memajukan Left Indent & Hanging Indent (pada MS.Word).
46.  [CTRL+N] : Membuat dokumen baru (New) (pada MS.Word).
47.  [CTRL+O] : Membuka dokumen tersimpan (Open) (pada MS.Word).
48.  [CTRL+P] : Mencetak dokumen aktif (Print) (pada MS.Word).
49.  [CTRL+R] : Menjadikan teks rata kanan (Right) (pada MS.Word).
50.  [CTRL+S] : Menyimpan dokumen aktif (Save) (pada MS.Word).
51.  [CTRL+T] : Memajukan baris kedua suatu paragraf (pada MS.Word).
52.  [CTRL+U] : Memberikan garis bawah pada karakter terpilih (Underline) (pada MS.Word).
53.  [CTRL+V] : Menempelkan hasil copy/cut (Paste).
54.  [CTRL+W] : Menutup jendela aplikasi Word (Close) (pada MS.Word).
55.  [CTRL+X] : Memotong karakter/objek terpilih (Cut).
56.  [CTRL+Y] : Kembali ke perintah sesudahnya (Redo / Repeat) (pada MS.Word).
57.  [CTRL+Z] : Kembali ke perintah sebelumnya (Undo) (pada MS.Word).
58.  [CTRL+}] : Memperbesar ukuran huruf (pada MS.Word).
59.  [CTRL+{ ] : Memperkecil ukuran huruf (pada MS.Word).
60.  [CTRL+↑] : Memindahkan kursor ke paragraf sebelumnya (pada MS.Word).
61.  [CTRL+↓] : Memindahkan kursor ke paragraf berikutnya (pada MS.Word).
62.  [CTRL+←] : Memindahkan kursor ke depan 1 kata (pada MS.Word).
63.  [CTRL+→] : Memindahkan kursor ke belakang 1 kata (pada MS.Word).
64.  [CTRL+HOME] : Memindahkan kursor ke awal dokumen (pada MS.Word).
65.  [CTRL+END] : Memindahkan kursor ke akhir dokumen (pada MS.Word).
66.  [CTRL+PAGE UP] : Pindah 1 halaman sebelumnya (pada MS.Word).
67.  [CTRL+PAGE DOWN] : Pindah 1 halaman berikutnya (pada MS.Word).
68.  [CTRL+F1] : Meminimize Ribbon (pada Ms.Word).
69.  [CTRL+F2] Masuk ke Print Preview (pada MS.Word).
70.  [CTRL+F4] : Menutup jendela dokumen Word (pada MS.Word).
71.  [CTRL+F5] : Memperkecil tampilan jendela (Restore Down).
72.  [CTRL+F9] : Menyisipkan tanda kurung “{ }” otomatis (pada MS.Word).
73.  [CTRL+F10] : Tampilan jendela 1 layar penuh (pada Ms.Word).
74.  [CTRL+F12] : Membuka dokumen yang tersimpan (Open) (pada MS.Word).
75.  [CTRL+Roll mouse] : Memperbesar tampilan dokumen (pada MS.Word).
76.  [CTRL+ ESC] : Membuka menu Start (gunakan tombol PANAH untuk memilih item).
77.  [CTRL+SHIFT+ESC] : Membuka Windows Task Manager.
78.  [CTRL+WINDOWS+F] : Mencari komputer.
79.  [CTRL+ALT+TAB] : Kombinasi tombol ini bisa digunakan jika anda ingin mengunci atau mematikan komputer, mengganti pengguna, dan masuk ke jendela Task Manager.
80.  [ALT+F3] : Membuat sebuah Building Block (pada Ms.Word). 
81.  [ALT+F4] : Menutup aplikasi yang berjalan.
82.  [ALT+F5] : Mengecilkan tampilan layar (pada Ms.Word).
83.  [ALT+F7] : Memperbaiki tulisan yang salah (pada Ms.Word).
84.  [ALT+F10] : Tampilan jendela 1 layar penuh (pada Ms.Word).
85.  [ALT+F11] : Membuka jendela Microsoft Visual Basic yang berhubungan dengan Ms.Word (pada Ms.Word).
86.  [ALT+A] : Mengaktifkan menu Table (pada Ms.Word).
87.  [ALT+E] : Mengaktifkan menu Edit (pada Ms.Word).
88.  [ALT+F] : Mengaktifkan menu File (pada Ms.Word).
89.  [ALT+H] : Mengaktifkan menu Help (pada Ms.Word).
90.  [ALT+I] : Mengaktifkan menu Insert (pada Ms.Word).
91.  [ALT+O] : Mengaktifkan menu Format (pada Ms.Word).
92.  [ALT+T] : Mengaktifkan menu Tool (pada Ms.Word).
93.  [ALT+V] : Mengaktifkan menu View (pada Ms.Word).
94.  [ALT+W] : Mengaktifkan menu Window (pada Ms.Word).
95.  [ALT+Double Klik] : Menampilkan properti.
96.  [ALT+TAB] : Beralih di antara program yang terbuka.
97.  [ALT+ENTER] : Membuka Properties untuk objek yang dipilih.
98.  [ALT+DOWN] : Membuka daftar drop-down box-to-bottom.
99.  [ALT+SPACE] : Menampilkan jendela utama menu System.
100.       [ALT+-] : Menampilkan menu bar.
101.       [WINDOWS+F1] : Mengakses bantuan (Help).
102.       [WINDOWS+A] : Menjalankan Pilihan Aksesibilitas (jika terpasang).
103.       [WINDOWS+C] : Membuka Control Panel
104.       [WINDOWS+D] : Kecilkan semua jendela yang terbuka dan menampilkan desktop
105.       [WINDOWS+E] : Membuka jendela Windows Explorer.
106.       [WINDOWS+F] : Membuka jendela File Search.
107.       [WINDOWS+I] : Membuka kotak dialog Properti Tetikus.
108.       [WINDOWS+K] : Membuka Keyboard kotak dialog Properties.
109.       [WINDOWS+L] : Mengunci komputer (tanpa menggunakan CTRL+ALT+DELETE).
110.       [WINDOWS+M] : Minimize semua jendela aktif.
111.       [WINDOWS+P] : Layar kedua setting.
112.       [WINDOWS+Q] : App.
113.       [WINDOWS+R] : Membuka kotak dialog Run.
114.       [WINDOWS+S] : Beralih saklar dan mematikan CAPS LOCK.
115.       [WINDOWS+U] : Ease of Access Center.
116.       [WINDOWS+V] : Menjalankan Clipboard.
117.       [WINDOWS+W] : Settings Search.
118.       [WINDOWS+X] : Menu Power User ditampilkan di pojok-kiri-bawah.
119.       [WINDOWS+Z] : Toolbar di bawah dengan tombol semua All App.
120.       [WINDOWS+ENTER] : Menjalankan Narrator.
121.       [WINDOWS+TAB] : Berputar di tombol taskbar.
122.       [WINDOWS+PAGE BREAK] : Kotak dialog System Properties.
123.       [WINDOWS+SHIFT+M] : Melakukan Undo semua jendela yang di minimize.
124.       [SHIFT+KARAKTER HURUF] : mengetik huruf kapital.
125.       [SHIFT+F10] : Membuka menu shortcut untuk item yang dipilih (langkah ini sama dengan mengklik kanan pada objek).
126.       [SHIFT+DELETE] : Menghapus item secara permanen menggunakan File Explorer (tidak disimpan di Recycle Bin).
127.       [SHIFT + TAB] : Berpindah ke kontrol sebelumnya di dalam kotak dialog.

128.      [SHIFT+PANAH KIRI/KANAN/ATAS/BAWAH] : Memblok item yang dipilih.

Friday, September 22, 2017

cara cepat mengisi data PMP via aplikasi faster

cara cepat mengerjakan PMP 
Download Aplikasi Faster PMP Support Dapodik 2018 yang gratis dan mudah untuk dioperasikan ini. Belum selesai pengerjaan kuesioner input data pada aplikasi PMP, akhirnya dapodik menyusul juga dengan versi dapodik 2018 yang terbaru.
Tentunya pekerjaan PMP dan dapodik akan semakin asik sekali. Apalagi kalau Anda sebagai operator sekolah sekaligus sebagai bendahara BOS dan administrasi lainnya, seperti yang saya alami ini. Rekan tenaga administrasi lainnya entahlah.
Untuk dapat support aplikasi PMP dengan dapodik 2018, silahkan bapak ibu dan rekan-rekan operator sekolah download aplikasi faster PMP support dapodik 2018 pada alamat di bawah.
Karena pada aplikasi PMP versi 1.5 sepertinya sudah tidak support dengan aplikasi dapodik 2018. Untuk itu harus download aplikasi PMP yang versi 2 di tahun 2017 ini.
Seperti halnya dapodik yang muncul juga aplikasi pendukung untuk mengerjakan input data di dapodik, yaitu dapodik helper. Sedangkan untuk aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) saat ini juga sudah muncul aplikasi Faster PMP versi 2.2.
Inti kerja dari aplikasi faster PMOP adalah sesuai dengan namanya, yaitu untuk mempercepat pekerjaan operator dalam pengisian aplikasi PMP. Terutama untuk seluruh kuesioner yang ada, baik untuk Kepsek, Pengawas, Komite, Guru, dan murid.
Download Aplikasi Faster PMP Support Dapodik 2018
Silahkan bapak ibu dapat segera download aplikasi faster PMP support dapodik 2018 pada alamat berikut ini. Aplikasi Faster PMP versi 2.0 support dapodik 2018.
Panduan penggunaan Aplikasi FasterPMP 2018 yang sudah support dapodik 2018 akan saya bahas di bawah. Silahkan di baca dengan teliti dan harap tenang.
Akan tetapi, bagi bapak atau ibu dan rekan-rekan operator sekolah sekalian yang ingin segera untuk dapat donwload fasterPMP 2018 ini, silahkan langsung saja unduh di bawah ini.
Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi FasterPMP 2017 versi 2.0 ini, pada komputer Anda harus sudah ter-install aplikasi PMP 2017 versi 2.0. Juga di dalam sistem Windows Anda juga harus sudah terpasang driver psqlodbc dan Net Framework 4.0.
Kedua driver di atas sudah termasuk dalam satu paket download aplikasi faster PMP support dapodik 2018 di atas. Silahkan di install dahulu sebelum Anda meng-install aplikasi PMP terbarunya.
Adapun panduan untuk langkah-langkah installasi aplikasi PMP terbaru adalah sebagai berikut :
  1. Install driver psqlodbc (sudah tersedia, cukup dilakukan satu kali saja).
  2. Install FasterPMP 2017 versi 2.0 terbaru.
  3. Cek Net Framework 4.0 dengan cara tekan tombol Win+R ketik %WINDIR%\Microsoft.Net\Framework
    40.
  4. Selanjutnya silahkan dicek apakah sudah ada folder v4.0.30319 ? Jika belum ada, maka Anda perlu untuk install net framework 4.0.
Setelah beberapa driver pendukung aplikasi PMP dan PMP 2017 V.2.0 tersebut Anda install dan sukses, maka selanjutnya adalah tinggal Anda gunakan dan bekerja dengan PMP 2018.
Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penggunaan aplikasi faster PMP ini ? Berikut 2 langkah cepat untuk menggunakan faster PMP.
  1. Login pada aplikasi PMP Anda. Sesudah berhasil membuka aplikasi PMP,  maka yang harus dilakukan adalah untuk menyiapkan akun pengguna melalui Manajemen Pengguna (Salin Peserta Didik, Salin PTK, Tambah Pengawas dan Tambah Komite Sekolah).
  2. Apabila sudah lengkap semua responden yang ditambahkan pada aplikasi PMP, yaitu tinggal buka saja aplikasi FasterPMP versi 2.0 yang sudah Anda install tadi.
  3. Dan pilih jenis repsondennya, selanjutnya tinggal klik Proses. Silahkan diulangi hingga jumlah yang Anda inginkan.
Bagi yang membutuhkan driver Psqlodbc, Silahkan langsung download di sini. Dan download juga net framework 4.0 di sini.
Mungkin ada di antara rekan-rekan yang masih bingung dengan beberapa penjelasan paragraf di atas. Inti dari informasi tentang download aplikasi faster PMP support dapodik 2018 ini adalah :
  1. Download aplikasi PMP terbaru.
  2. Download aplikasi faster PMP terbaru.
  3. Instal aplikasi PMP terbaru.
  4. Install net framework 4.0 dan driver psqlodbc.
  5. Install aplikasi faster PMP terbaru.
Secara garis besar, urutan untuk meng-install aplikasi faster PMP adalah seperti di atas. Memang disayangkan, hingga saat ini panduan manual penggunaan aplikasi fasterPMP belum pernah ada.
Itu mungkin di karenakan memang aplikasi faster PMP memang sebuah aplikasi yang user friendly dan mudah untuk digunakan. Sepertinya si pembuat aplikasi faster PMP berpikiran seperti itu.
Saya sendiri sebagai operator sekolah belum pernah menggunkannya, apalagi meng-installnya. Itu karena saya masih menyukai mengerjakan PMP dengan manual saja.
PMP 2018
Apabila rekan-rekan masih juga kesulitan, mari kita berdiskusi tentang aplikasi fasterPMP ini melalui kolom komentar di bawah. Pertanyaan akan saya coba bantu untuk menjawabnya, komentar sp4m akan langsung saya blokir dan hapus.
UPDATE !
Silahkan Anda unduh aplikasi faster PMP pada alamat terbaru berikut ini. Unduh Aplikasi Faster PMP terbaru.
Sedikit untuk kembali mengulang tentang aplikasi PMP, silahkan membacanya di Cara Mengerjakan Kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Dengan Cepat.

Demikianlah Informai Kali Ini Tentang Download Aplikasi Faster PMP Support Dapodik 2018 Yang Dapat Admin Berikan. Terimakasih Dan Salam Sukses Pendidikan Indonesia.

sharing aplikasi PMP dan dapodik via jaringan lan dan wifi

Sharing Aplikasi Dapodik dan PMP Ke Komputer Lain



Sebelum Membahas Mengenai Sharing , tidak ada salahnya kita mengetahui defenisi dari sahring itu apa, Sharing Merupakan pemakaian secara bersama atas sumber daya atau ruang, dimana kita dapat berbagi dalam sebuah jaringan, salah satu nya yaitu pada aplikasi dapodikmen ,kita dapat mengakses nya secara bersamaan /multitasking.

Aplikasi Dapodikmen Merupakan Aplikasi yang berfungsi untuk menjaring data pokok pendidikan (Satuan Pendidikan, Peserta Didik serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan yaitu BOS, Bansos, Tunjangan, UN, dan lain-lain.

Pada 17 Agustus Lalu Pun Telah Rilis Aplikasi PMP yaitu  Aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang selanjutnya disebut Kemendikbud) untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Entry data pada aplikasi dapodikmen dilakukan setiap semester, dalam entry ini operator pasti mengeluh saat meng-entry data siswa yang begitu banyak,apalagi meng-entry data ptk yang sertifikasi ,pasti banyak perubahan, dan operator pun menjadi buronan para guru sertifikasi, dengan cara ini pun masing-masing ptk dapat mengubah / men-edit data nya sendiri.bayang kan saja jika dalam sekolah tersebut terdapat 1000 siswa lebih, dan operator hanya mengandalkan 1 laptop atau pc sebagai tempat entry data. maka dari itu kami memberikan solusi yang sudah kami lakukan .

Untuk dapat mensharing aplikasi dapodikmen ini dapat kita lakukan dengan beberapa cara:

1. jaringan Adhoc ( Jaringan Antar Laptop Menggunakan Signal)
    

2. Jaringan LAN ( Jaringan Ini Menggunakan Kabel Sebagai Penguhung) .




Pada Pembahasan ini kita akan gunakan cara nomor 2. karena cara ini yang banyak di gunakan.
Baiklah kita langsung ke caranya:

1. Untuk Cara ini silahkan anda siapkan switch/hub sebagai penghubung server Dapodik ke Komputer Client.

2. Gunakan Kabel Straight Sebagai kebel Penghubung nya
3. Setelah Semua Komputer Terhubung Silahkan anda tanamkan Ip Address Pada Komputer yang terinstall Aplikasi Dapodikmen ,
 Misalnya : 

Ip Address : 192.168.1.200    -> Tekan Tombol Tab, maka Netmask akan Terisi Sendiri.


4. Setelah Komputer Tersebut anda isi , Silahkan anda lakukan hal yang sama pada Komputer Client, Tetapi Ip address harus berbeda. contoh

Komputer 1: 

Ip Address : 192.168.1.10

Komputer 2:

Ip Address : 192.168.1.15


5. Setelah Semua sudah tersetting, coba anda buka di salah satu Komputer client dan akses dapodik anda dengan cara :

http://ip_address_server:5774

Contoh : http://192.168.1.200:5774



Cara tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi PMP hanya dengan mengganti no portnya.



Dengan Menggunakan metode ini memiliki banyak manfaat dan mempermudah operator dalam pengisian aplikasi dapodikmen.

Catatan : Jangan Menginstall 2 Komputer 2 Aplikasi Dapodikmen, Saat keduanya Sinkron data akan menjadi kacau atau berantakan.


Selamat Mencoba, Jika bingung atau mengalami masalah ,silahkan tinggalkan komentar.
https://rajaview.id/AC1PX91Ll7dIbYeSxTHM83nywZHzOrHZtEP8Ud8x

input data pmp dalam satu jaringan

input data pmp dalam satu jaringan 

aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan adalah aplikasi yang dikembangkan berbasis web, sehingga memungkinkan untuk dilakukan penginputan data secara multi-user atau dapat dilakukan bersama2 dalam satu jaringan. Namun sebelumnya perlu dipahami konsep jaringan komputer terlebihn dahulu.

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai PC/laptop servernya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer

Untuk membuat koneksi adhoc dari laptop/PC client yang terinstall aplikasi PMP
versi 1.3 ke atas adalah sebagai berikut :

Klik icon Network pada taskbar dan klik kanan open network and sharing
center
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Setelah klik open network and sharing center akan muncul jendela baru lalu
klik Manage wireless network
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Lalu klik add pada pada jendela tersebut :
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User

Lalu akan muncul jendela Manually Connect to a wireless Network lalu pilih
create an ad hoc network seperti pada gambar berikut : 
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Lalu klik create an ad hoc network dan akan muncul jendela baru lalu klik next 
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
 Setelah klik next lalu akan muncul jendela baru untuk melakukan pembuatan nama
SSID yang akan digunakan:
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Keterangan gambar :
1. Network name: Diisikan nama SSID atau nama Wifi yang akan di gunakan sebagai server PMP (misal Network name: PMP-Dikdasmen; Password: pmpdikdasmen).

2. Security Type: Membantu dari segi keamanan saat pengiputan data. (berikan security type agar aplikasi PMP pada server tidak mudah diakses oleh PC/Laptop selain milik sekolah atau Operator Sekolah).

Setelah selesai melakukan pembuatan nama dan password untuk SSID telah
dilakukan makan akan muncul gambar seperti dibawah :
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Lakukan cek dengan melihat di menu taskbar dengan icon wireles , lakukan cek pada PC atau Laptop client yang belum terinstall aplikasi dapodikdas
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Jika PC atau Laptop Client sudah connect dengan SSID yang telah dibuat buka Browser pada PC atau Laptop Client lihat ip addres pada laptop server gunakan CMD isi ipconfig dan tekan enter...
Cara Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Atau gunakan IP yang tertera di laman Detail tadi dan di tambah port 1745 (disini IP=192.168.0.100) maka alamat / IP Aplikasi PMP adalah 192.168.0.100:1745
 IP addres laptop server seperti gambar berikut
Petunjuk Input Data PMP Bersama-sama Dalam Satu Jaringan Multi User
Catatan: Metode Ad-hoc untuk Aplikasi PMP hanya dapat melakukan pengiriman
menggunakan PC atau Laptop yang menjadi server.