iklanku

kasihku

rinduku

Wednesday, April 6, 2016

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop rusak

Cara mudah memperbaiki motherboard/ mainboard laptop yang rusak mati total bisa kita service dan reparasi dengan cara dan langkah-langkah yang baik dan benar agar laptop kita bisa lebih awet dan tidak rusak mati total. Mainboard laptop merupakan sebuah pusat pengendali dari semua komponen didalamnya yang berfungsi sebagai pusat operasi sistem yang berperan penting untuk menghubungkan antara hardware dan software didalamnya. Dengan hal ini maka mainboard laptop sangat berpengaruh pada system komputer. Jika motherboard yang kita gunakan rusak total maka dapat dipastikan komponen didalamnya tidak akan berfungsi sesuai dengan semestinya.

Tips cara memperbaiki motherboard yang rusak sebenarnya bisa di service laptop nya dengan kita sendiri jika kita mengetahui cara dan langkah-langkah penanganannya sesuai dengan prosedur dan pengetahuan analisa kita sendiri. Oleh karena itu kita tidak perlu ke tukang service laptop rusak jika ternyata kita sendiri bisa memperbaikinya. Dalam hal ini maka kita diharuskan untuk berani dan mampu untuk membongkar mainboard laptop beserta komponen-komponen didalamnya.
Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Mati Total

Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Mati Total
1. Laptop tidak menyala saat menggunakan baterai laptop
Sobat dapat menyalakan laptop dengan kontak listrik atau adaptor AC secara langsung. Dan sobat dapat perhatikan apakah LED pada lampu laptop menyala atau tidak. Jika menyala maka adaptor menandakan terdeteksi. Dan jika ya, maka jack powernya dapat bekerja dengan baik.

2. Jika laptop atau notebook tetap masih tidak hidup, sobat bisa bongkar dan keluarkan baterai laptop. kemudian cari dan cabut CMOS pada laptop, dengan mencabut CMOS pada laptop maka sobat sama saja dengan mereset bios motherboard. Kemudian nyalakan kembali laptop dengan penghantar tegangan dari adaptor AC atau tegangan listrik dari kontak listrik, tanpa menggunakan baterai laptop.

3. Jika laptop atau notebook tetap masih tidak hidup, ada kemungkinan lain kerusakan memory RAM. Sobat perlu melakukan pembersihan pada memory RAM dengan cara membersihkan dengan menggunakan karet penghapus dan dihapus pada bagian tembaga kuningan dibawahnya. setelah pembersihan pada kedua slot tersebut maka sobat dapat menukar memory ram tersebut dengan cara menukar slotnya dengan slot yang lain.

4. Sebaiknya agar dapat menganalisa kemungkinan kerusakan pada laptop yang lainnya maka sobat dapat mencabut seperti HDD, CD/DVD drive, modem, usb, flashdisk atau panel LCD juga. Dengan cara mencabut hardware-hardware tersebut maka dapat meminimalkan kemungkinan kerusakan pada laptop. Kemudian analisa yang terjadi dengan cara melakukan menyalakan laptop dan booting ulang.

5. Pada masalah lain jika sobat melepas semua komponen pada point ke empat dan masih menolak untuk booting atau POST, maka besar kemungkinan akar permasalahan kerusakan ada pada motherboard laptop itu sendiri. Menggunakan cara alternative lain yaitu mencabut memory RAM dan mengganti dengan RAM yang baru.

6. Pada tahapan ini jika sobat sudah familiar dengan menggunakan multimeter maka sobat dapat memeriksa pada tombol power dan melihat benar-benar menyala atau tidak. Sobat juga dapat memantau tegangan sirkuit VRM (apakah mendapat tegangan listrik atau tidak) atau verifikasi resistensi pada tempat umum apakah mainboard mendapat ground atau tidak.

7. Reset BIOS pada settingan default, apakah tetap mau menyala dengan baik atau tidak.

8. Jika pada tahapan ketujuh sobat belum juga mendiagnosa masalah laptop dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, apakah menyala atau tidak maka sebaiknya bawa ke ahli service laptop.

Semoga tutorial Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Mati Total ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie and salam manis dari mr. janto

 cara ke dua hampir sama mari kita simak
Motherboard atau biasa disebut MoBo merupakan hardware komputer / laptop yang berbentuk papan sirkuit yang memiliki fungsi sebagai peng-organisir setiap bagain komponen yang satu dengan yang lainny saling melengkapi. Dengan kata lain, motherboard dapat disebut sebagai otak komputer setelah CPU. Dalam praktiknya Motherboard sangat jarang rusak, namun pada kasus tertentu bisa saja terjadi kerusakan yang perlu penanganan yang tepat. 
Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total
Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Dan Mati Total
Kerusakan salah satu komponen saja pada papan Motherboard maka otomatis fungsi komputer / laptop akan terganggu bahkan tak dapat berfungsi. Oleh sebab itu kita harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki motherboard laptop yang error, rusak bahkan mati total.

Cara Memperbaiki Motherboard Rusak

Di bawah ini 4 poin awal yang perlu kita cek n ricek bila terjadi gangguan pada motherboard komputer / laptop kita:
  1. Lepaskan Papan Motherboard dari CPU
  2. Periksa setiap komponen Motherboard yang terkait kerusakan agar kita mengetahui apakah ada komponen yang sudah tidak berfungsi lagi, atau mungkin ada komponen yang lepas / penempatannya kurang tepat.
  3. Bila kita sudah mengecek bagian demi bagian komponen motherboard dan sudah yakin benar dan pas, coba periksa juga kebersihan papan dan komponennya. Karena debu dan kotoran juga mampu menghambat kinerja dari Motherboard, bisa dibersihkan menggunakan kuas.
  4. Bila setelah anda mempraktikkan cara di atas dan komputer / laptop anda berjalan normal, maka dapat dipastikan kerusakannya masih sangat ringan.

Cara Memperbaiki Motherboard Mati Total

Namun, bila cara di atas tidak berhasil, anda bisa mencoba cara memperbaiki motherboard laptop / komputer mati total di bawah ini:
  1. Matikan Laptop dan Pastikan sudah benar-benar mati. Dan jangan lupa cabut stok kontak yang masih terhubung pada arus listrik.
  2. Lepaskan panel samping. Panel samping yang sering dipakai di tempat dengan beberapa sekrup. Cukup buka sekrup dan tarik kuat pada panel luar untuk membukanya.
  3. Sentuh sepotong logam di tempat lain selain komputer. Motherboard sangat rentan terhadap listrik statis. Segala jenis shock statis dapat membuat kerusakan motherboard bahkan lebih serius. Pastikan Anda tidak terhubung ke listrik statis sebelum Anda mulai bekerja pada interior komputer.
  4. Cari steker besar yang menghubungkan motherboard dengan power supply unit. Sumbat ini sulit untuk dilewatkan. Ini mungkin memiliki 20 atau 24 pin. Ringan menariknya dan kemudian mendorong kembali steker ke tempat hanya untuk memastikan koneksi ketat.
  5. Periksa colokan lain untuk memastikan mereka juga ketat. Plug longgar bisa menghambat jumlah daya yang diterima motherboard. Juga periksa untuk melihat bagaimana kaki RAM terpasang dengan benar. kaki RAM harus pas, tidak bergerak ketika di goyangkan.
  6. Tempatkan panel samping kembali pada tempatnya, dan kencangkan dengan sekrup. Pasang laptop dan tekan tombol power. Ada kesempatan baik bahwa motherboard Anda sekarang akan berfungsi dengan baik dan tombol power akan bekerja.

Mudah - mudahan dengan cara di atas motherboard anda dapat kembali berkerja dengan normal. Namun lagi-lagi bila cara di atas masih belum dapat memperbaiki motherboard yang rusak / mati total, ada baiknya serahkan saja pada teknisinya, Namun jika anda terbentur dengan biaya service yang harganya cukup mahal, sebagai seorang teknisi anda dapat mempelajari dan mencoba memperbaiki kerusakan motherboard anda dengan Ebook Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop.

0 komentar :

Post a Comment