| 
     
LK MP.4 
 | 
   
PENGEMBANGAN RPP
Tujuan
: Pada kegiatan ini diharapkan Anda
mengembangkan RPP berbasis STEM 
Langkah Kegiatan:
1.      
Siapkan dokumen kurikulum, buku teks mata
pelajaran  dan petunjuk pengembangan RPP
2.      
Buatlah RPPuntuk topik IPA terpilih hasil analisis STEM  mengacu pedoman penyusunan
RPP yang berlaku
FORMAT RPP
A. Identitas 
1. Sekolah                     :
SMK WALI SONGO NGAWEN
2. Mata Pelajaran      : SISTEM OPERASI
3. Kelas/Semester     : 10/1
4. Materi Pokok          :
Teknik Pembuatan bootable OS
5. Alokasi Waktu        :
6 x 45 menit 
B. Kompetensi Inti (KI) 
1.   
Pengetahuan
(KI - 3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup Pembuatan bootable OS pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.   
Keterampilan
(KI - 4)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian Pembuatan bootable OS Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KD 3 
 | 
  
KD 4 
 | 
 
3.7          Mengevaluasi Pembuatan bootable OS 
 | 
  
4.7
               Melakukan Pembuatan bootable OS 
 | 
 
Indikator 
 | 
  
Indikator 
 | 
 
3.7 .1      Menjelaskan
  dasar pembuatan      
        
  bootable OS 
3.7.2         
  Menentukan
  cara Pembuatan bootable OS 
3.7.3         
  Menentukan
  cara pengujian hasil Pembuatan bootable OS 
 | 
  
4.7.1         
  Melakukan
  Pembuatan bootable OS 
4.7.2         
  Menguji
  hasil Pembuatan bootable OS pada komputer 
 | 
 
D. Tujuan Pembelajaran 
Melalui kegiatan
pembelajaran model project based learning dengan menggunakan pendekatan STEM,
peserta didik secara kritis,  kreatif dan
komunikatif mampu melakukan Pembuatan bootable OS serta menguji hasil Pembuatan
bootable OS secara jujur, kerja sama, dan tanggung jawab 
E. Materi Pembelajaran 
1.      
Prosedur menggunakan Bootable OS
2.      
Prosedur K3 Pembuatan bootable OS
3.      
Prosedur Pembuatan bootable OS
4.      
Prosedur penggunaan CMD 
F. Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran 
1.        
Pendekatan       :
STEM Education
2.        
Model  
                : Project Based
Learning 
3.        
Metode 
             : Diskusi, proyek,
pemberian tugas
G. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran 
Media :
1.        
Materi
Power Point 
2.        
Internet
3.        
LCD
4.        
Komputer
5.        
White Board
Alat dan Bahan 
1.       Master
OS
2.      
Flasdisk
3.      
CMD
H. Sumber Belajar 
Internet, WWW.MRJANTO.BLOGSPOT.COM
Modul  SISTEM
OPERASI, PPPPTK BOE MALANG
I.      Langkah-langkah
Pembelajaran 
Pertemuan
Pertama (6 JP)
Pertemuan  ke 1 ( 6 JP x 45 Menit) 
Langkah Pembelajaran  
 | 
  
Sintak Model Pembelajaran
   
 | 
  
Deskripsi Kegiatan  
 | 
  
Alokasi  
waktu  
(Menit)  
 | 
 
Pendahuluan  
 | 
  
·     
  Guru memberi salam dilanjutkan dengan menanyakan
  kabar siswa dan kesiapan belajar  
·     
  Guru memeriksa kehadiran siswa  
·     
  Guru memberikan apersepsi  
·     
  Guru mereview materi pertemuan sebelumnya tentang
  peralatan  bootable OS dan
  karakteristiknya 
 | 
  
15 
 | 
 |
Kegiatan Inti  
 | 
  
Fase 1: Reflection 
 | 
  
·        
  Peserta didik dibagi menjadibeberapa kelompok  
·        
  Peserta didik diminta mengamati tayangan
  video tentang proses Pembuatan bootable OS  
·        
  Guru memberikan pertanyaan ill-define problem 
·        
  Peserta didik mengamati penyebab kegagalan
  sambungan kabel  bootable OS Peserta
  didik mengamati Pembuatan bootable OS yang benar  
·        
  Peserta didik mencari            solusi     ketika terjadi trouble pada saat Pembuatan bootable OS 
·        
  Peserta didik menggunakan splicer sesuai dengan
  SOP  
·        
  Guru menyampaikan masalah terkait proyek  Pembuatan bootable OS 
·        
  Guru membagikan LKS (Lembar Kerja Siswa)  
 | 
  
20 
 | 
 
Fase 2: Research 
 | 
  
·        
  Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai
  proses menyambung kabel  bootable OS 
·        
  Peserta didik dapat menggunakan splicer sesuai
  SOP  
·        
  Peserta didik dibimbing guru melakukan prosedur
  K3 dalam Pembuatan bootable OS  
·        
  Peserta didik dibimbing guru melakukan melakukan
  prosedur Pembuatan bootable OS  
·        
  Peserta didik dibimbing guru menggunakan CMD  
·        
  Peserta didik dibimbing siswa menemukan pemecahan
  masalah tentang prosedur penggunaan CMD 
·        
  Peserta didik diarahkan untuk menemukan prosedur  Pembuatan bootable OS 
·        
  Guru memberikan peerassessment untuk melihat keaktifan masing-masing siswa dalam
  kelompok  
 | 
  
30 
 | 
 |
Fase 3: Discovery 
 | 
  
·     
  Peserta didik diarahkan untuk membuat rancangan atau
  desain Pembuatan bootable OS  
·     
  Peserta didik diberikan pilihan alat dan bahan
  yang akan digunakan dalam pembuatan proyek Pembuatan bootable OS  
·     
  Peserta didik menekankan kembali proses desain
  rekayasa (Engineering Design Process)
  dalam proyek  Pembuatan bootable OS 
·     
  peserta didik diminta untuk menuliskan semua rencana/ide dari setiap
  anggota yang muncul  
·     
  Peserta didik menentukan rancangan model penyambungan
  dengan hasil terbaik  
·     
  Hasil diskusi kelompok dan menggambarkan
  rancangannya sesuai dengan panduan yang terdapat dalam LKS yang telah
  dibagikan  
 | 
  
30 
 | 
 |
Fase 4: Application 
 | 
  
·        
  Peserta didik diarahkan guru untuk melakukan
  proses pembuatan bootable OS 
·        
  Peserta didik menguji coba keberhasilan  
·        
  Peserta didik mengkaji ulang jika terjadi ada
  permasalahn dalam penyambungan 
·        
  Peserta didik diarahkan untuk memahami proses
  penyambungan dilakukan pada kegiatan proyek lanjutan. 
·        
  Peserta didik diarahkan untuk menuliskan
  kesimpulan prosedur Pembuatan bootable OS  
·        
  Guru melakukan penilaian kinerja terhadap
  keaktifan masing masing peserta didik. 
 | 
  
150 
 | 
 |
Fase 5:  
Communication 
 | 
  
·        
  Peserta didik mendapat arahan aturan teknis
  presentasi  
·        
  Pesrta didik dimonitor Guru pada kegiatan presentasi
  kelompok  
·        
  Peserta didik mempresentasikan hasil proyek yang
  telah diuji coba dan menekankan pada komunikasi yang persuasif  
·        
  Peserta didik diberi kesempatan bertanya pada
  kelompok lain  
 | 
  
25 
 | 
 |
Penutup 
 | 
  
·        
  Guru merefleksi hasil kegiatan pembelajaran.  
·        
  Menginformasikan  kegiatanpembelajaran
  berikutnya.  
 | 
  
5  
 | 
 |
J. Penilaian 
1. Teknik Penilaian: 
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal 
b. Penilaian Pengetahuan : Tes
Tertulis/Lisan/Penugasan*) 
c. Penilaian Keterampilan :
Praktik/Produk/Portofolio/Projek*) 
*) coret yang tidak perlu 
2. Bentuk Penilaian: 
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas
peserta didik 
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja 
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi 
d. Portofolio : penilaian laporan 
3. Instrumen Penilaian
1.Penilaian
Sikap 
a.Lembar Penilaian Diri 
Penilaian
diri setelah peserta didik belajar   Pembuatan bootable OS
Penilaian Diri 
  Topik:
  ......................                                                                           Nama:
  ................  
                                                                                                                       Kelas: ...................  
Setelah mempelajari materi  Pembuatan bootable OS, anda dapat melakukan
  penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
  dengan kemampuan. 
 | 
 |||||
No  
 | 
  
Pernyataan  
 | 
  
Sudah memahami  
 | 
  
Belum
  memahami  
 | 
  ||
1.  
 | 
  
Memahami konsep kabel fiber optik 
 | 
  ||||
2.  
 | 
  
Memahami K3LH dalam proses Pembuatan
  bootable OS 
 | 
  ||||
3 
 | 
  
Memahami
  prosedur  Pembuatan bootable OS 
 | 
  ||||
3  
 | 
  
Memahami  
  set alat Pembuatan bootable OS 
 | 
  ||||
4  
 | 
  
Memahami cara melakukan pengelupasan core
  kabel fiber optik   
 | 
  ||||
5  
 | 
  
Dapat melakukan Pembuatan bootable OSsesuai prosedur    
 | 
  ||||
Penilaian diri setelah peserta didik
belajar   Pembuatan bootable OS
Penilaian Diri 
         Tugas: ............................   
                                    Nama:
  ..........................         
Kelas:
  ..............................  
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom
  yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya. 
 | 
 |||||
No  
 | 
  
Pernyataan  
 | 
  
YA  
 | 
  
TIDAK  
 | 
  ||
1  
 | 
  
Selama   melakukan tugas kelompok saya bekerjasama
  dengan teman satu kelompok  
 | 
  ||||
2  
 | 
  
Saya
  melakukan tugan sesuai jadwal  
 | 
  ||||
3  
 | 
  
Saya mencatat
  data dengan teliti dan sesuai dengan fakta  
 | 
  ||||
4  
 | 
  
Saya
  melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang  
 | 
  ||||
5  
 | 
  
Sebelum
  melakukan tugas terlebih dahulu saya membaca literatur yang mendukung tugas  
 | 
  ||||
Rubrik   Penilaian  
 | 
  
Nilai  
 | 
 
Jika menjawab Ya, Skor= 2
   
Jika menjawab
  Tidak, Skor= 1  
 | 
  
b.Penilaian Antar Teman 
Format
penilaian antar peserta didik
Penilaian antar Peserta
  Didik 
Topik: Pembuatan
  bootable OS                                          Nama
  Teman yang dinilai:  
Tanggal
  Penilaian: 30 -08 -2018                                            Nama
  Penilai:  
-    
  Amati perilaku temanmu
  dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran Kimia 
-    
  Berikan tanda v pada
  kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu. 
 | 
 |||||
No  
 | 
  
Perilaku  
 | 
  
Dilakukan/muncul  
 | 
  |||
YA  
 | 
  
TIDAK  
 | 
 ||||
1.  
 | 
  
Mau menerima pendapat teman  
 | 
  ||||
2.  
 | 
  
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya  
 | 
  ||||
3.  
 | 
  
Memberi solusi terhadap pendapat yang
  bertentangan  
 | 
  ||||
4.  
 | 
  
Mau bekerjasama dengan semua teman  
 | 
  ||||
5.  
 | 
  
Disiplin pada saat belajar  
 | 
  ||||
2. Penilaian Kinerja
Praktikum 
Nama Siswa                    :
__________________________________________________
Kelas 
                               : __________________________________________________
No  
 | 
  
Aspek/Kinerja yang Diharapkan  
 | 
  
Penilaian  
 | 
  
Ket  
 | 
 |||
4  
 | 
  
3  
 | 
  
2  
 | 
  
1  
 | 
 |||
A.Persiapan Praktikum  
 | 
  ||||||
1  
 | 
  
Membawa perlengkapan praktikum (alat/bahan
  yang ditugaskan)  
 | 
  |||||
2  
 | 
  
Memakai wear pack dan berpenampilan rapi  
 | 
  |||||
B.Selama Kegiatan
  Praktikum  
 | 
  ||||||
3  
 | 
  
Menyiapkan alat dan bahan dengan rapi dan
  tidak berceceran  
 | 
  |||||
4  
 | 
  
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan  
 | 
  |||||
5  
 | 
  
Mengoperasikan alat dengan benar  
 | 
  |||||
6  
 | 
  
Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur
  praktikum  
 | 
  |||||
7  
 | 
  
Memfokuskan perhatian pada kegiatan
  praktikum/ tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan
  prosedur praktikum  
 | 
  |||||
8  
 | 
  
Memiliki minat terhadap aktivitas praktikum
   
 | 
  |||||
9  
 | 
  
Terlibat secara aktif dalam kegiatan
  praktikum  
 | 
  |||||
10  
 | 
  
Mengamati hasil praktikum dengan cermat  
 | 
  |||||
11  
 | 
  
Menafsirkan hasil pengamatan dengan benar  
 | 
  |||||
12  
 | 
  
Menyajikan data secara sistematis dan
  komunikatif  
 | 
  |||||
13  
 | 
  
Menganalisis data secara induktif (dari
  kegiatan Pembuatan bootable OS yang dilakukan sampai hasilnya benar, hingga
  langkah-langkahnya dapat digeneralisasi sebagai SOP Pembuatan bootable OS). 
 | 
  |||||
14  
 | 
  
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil
  praktikum  
 | 
  |||||
C.Kegiatan Akhir
  Praktikum  
 | 
  ||||||
15  
 | 
  
Membersihkan alat yang telah dipakai  
 | 
  |||||
16  
 | 
  
Membersihkan meja praktikum dari sampah dan
  bahan yang telah dipakai  
 | 
  |||||
17  
 | 
  
Mengembalikan alat ke tempatnya semula
  dalam keadaan kering  
 | 
  |||||
Nilai = 
 
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
              
 
 
    
 
  
Mengetahui :  
Kepala Sekolah, 
…………………………… 
NIP …………………….. 
 | 
  
……………, ………….. 2018 
Guru Mata Pelajaran,  
………….………………………  
NIP ……………………………  
 | 
 
LAMPIRAN
: 
1.      
Bahan ajar 
2.      
Instrumen
Penilaian 
| 
     
Nama                    :  
No. Absen           : 
Kelas                     : 
 | 
   
JOBSHEET 1
I.       
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran model
project based learning dengan menggunakan pendekatan STEM, peserta didik secara
kritis,  kreatif dan komunikatif mampu
melakukan Pembuatan bootable OS serta menguji hasil Pembuatan bootable OS secara
jujur, kerja sama, dan tanggung jawab 
II.     
PETUNJUK PENGERJAAN
·        
Tuliskan langkah – langkah cara melakukan
penyambungan fiber optik
·        
Jawab pertanyaan sejumlah 5 soal pada form
yang telah disediakan di dalam jobsheet ini
III.   
PROSEDUR OPERASI STANDAR
·        
Baca modul ini dan pahami apa saja alat dan
bahan yang dibutuhkan untuk proses  Pembuatan bootable OS
·        
Siapkan alat dan bahan yang sudah dituliskan
di dalam modul jobsheet 1 ini
·        
Ambil bolpoin 
·        
Tuliskan langkah – langkah proses
penyambungan fiber optik sampai selesai pada form yang telah disediakan (Form
Tahapan Penginstalan)
·        
Jika sudah lanjutkan untuk mengerjakan  soal 
·        
Jawab soal pada form yang telah disediakan
·        
Jika 
sudah selesai jobsheet dapat dikumpulkan
IV.   
ALAT DAN BAHAN
NO 
 | 
  
ALAT/BAHAN 
 | 
  |
1 
 | 
  
Master OS 
 | 
  |
2 
 | 
  
Flasdisk  
 | 
  |
3 
 | 
  
CMD/DOS 
 | 
  
V.     
MATERI
Pertama siapkan dulu USB flashdisk yang akan digunakan beserta file ISO
installer Windows. Setelah itu tancapkan flashdisk di PC, dan setelah
terdeteksi buka Run (Win + R) -> ketikkan diskpart -> Enter
Window CMD diskpart akan terbuka, ketikkan list disk -> Enter
Lihat Disk berapa USB flashdisk kamu.
Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah melalui ukuran (size) flashdisk tersebut.
Dalam contoh ini, USB flashdisk WinPoin adalah Disk 3.
Setelah itu, ketikkan select disk 3 (ganti 3 dengan ID dari urutan disk USB flashdisk kamu) -> Enter
Ketikkan clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi, file system, dan data yang masih tersimpan
di USB Flashdisk. Pastikan proses cleaning diskpart tersebut berhasil.
Setelah itu ketikkan create partition
primary -> Enter. Pastikan proses pembuatan partisi
berhasi
 
  
Setelah itu jadikan partisi tersebut sebagai active dengan cara
mengetikkan active -> Enter. Pastikan partisi sudah berhasil di set sebagai active.
Format partisi tersebut dengan file system FAT32.
Caranya cukup ketikkan format
fs=fat32 label=febian quick -> Enter (ubah
nama label dengan nama yang kamu inginkan)
Setelah berhasil, maka flashdisk kamu sudah menjadi
partisi primary yang aktif dan bootable. Close window diskpart dengan
mengetikkan exit.
Kini kamu tinggal mount saja file ISO installer
Windows dan copy semua isinya ke flashdisk tersebut.
Setelah semua isi tercopy kedalam flashdisk, maka
flashdisk tersebut siap untuk kamu gunakan untuk menginstall Windows.
Icon USB flashdisk itupun sudah bukan icon storage
lagi, melainkan icon installer seperti ini
-    
Topik                               : Melakukan  Pembuatan
bootable OS.
-    
Membuat prosedur Pembuatan bootable OSbisa
berupa video, flowchart 
3.7.   
 Mengevaluasi penyambungan   bootable OS
4.7. Melakukan sambungan  bootable OS
Indikator :  
1.      Merancang  
prosedur penyambungan fiber optik
2.      Melakukan sambungan fiber
optik sesuai dengan prosedur
1)Melakukan
sambungan fiber optik sesuai
dengan prosedur
LAPORAN TUGAS PROYEK  
MATA
  PELAJARAN : 
TOPIK                        :  
   
TUGAS                       :  
  Melakukan sambungan fiber optik sesuai dengan prosedur 
 NAMA                        :     ……………………………………………………  
KELAS                        :  
  XI  
 | 
 |||
Tugas  
 | 
  
Laporan Kegiatan  
 | 
  ||
Mempelajari
  konsep penyepuhan dan perangkat sel elektrolisis untuk proses  
penyepuhan  
 | 
  
Tanggal:  
Laporan:   
 | 
 ||
Membuat
  rancangan percobaan penyepuhan dengan cara sebagai berikut:  
 | 
  
Tujuan Percobaan   
 | 
 ||
Alat:  
Bahan:   
 | 
 |||
Gambar rancangan perangkat sel elektrolisis untuk
  proses penyepuhan    
 | 
  |||
Cara kerjanya  
 | 
 |||
2)Laporan
Uji Coba Rancangan Praktik Penyepuhan 
LAPORAN PENGUJIAN ALAT    
MATA
  PELAJARAN:   Kimia  
TOPIK                      : Elektrolisis  
SUB TOPIK             : Elektroplating/Penyepuhan  
TUGAS                      : Melakukan penyepuhan suatu benda  
                    NAMA                       :
  ……………………………………………………  
                   KELAS                       : XII
  …….  
                    Tanggal                    :
  ...........  
 | 
 |||
Tahap kegiatan  
 | 
  
Laporan Hasil pengamatan  
 | 
  ||
1. Melakukan percobaan penyepuhan ke 1  
 | 
  |||
2. Melakukan percobaan penyepuhan ke 2  
 | 
  |||
3. Melakukan percobaan penyepuhan ke 3  
 | 
  |||
Catatan :
sertakan hasil penyepuhan yang paling baik untuk laporan. 3)Laporan
Penelitian  
LAPORAN PENELITIAN 
PETUNJUK
KHUSUS 
Berdasarkan hasil kegiatanmu ini, tulislah
sebuah  laporan penelitian sederhana
tentang penyepuhan. Buat Judul yang menarik , tulis laporan secara sistematis. 
JUDUL 
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
4)Presentasi 
Penilaian
Presentasi 
No  
 | 
  
Nama  
Siswa  
 | 
  
Sistematika  
Presentasi  
 | 
  
Penggunaan bahasa  
 | 
  
Kejelasan menyampaikan  
 | 
  
Komunikatif  
 | 
  
Kebenaran  
Konsep  
 | 
 
1.  
 | 
  ||||||
2.  
 | 
  ||||||
....  
 | 
  ||||||
Rubrik
Penilaian Presentasi 
No.  
 | 
  
Indikator Penilaian  
 | 
  
Kriteria Penilaian  
 | 
  |||
Kurang  
 | 
  
Cukup  
 | 
  
Baik  
 | 
  
Sangat Baik  
 | 
 ||
1  
 | 
  
Sistematika  
Presentasi  
 | 
  
Materi presentasi diajukan secara tidak runtut dan tidak sistematis 
 | 
  
Materi presentasi diajukan secara kurang runtut dan tidak sistematis 
 | 
  
Materi presentasi diajukan secara runtut tetapi kurang sistematis 
 | 
  
Materi presentasi diajukan secara runtut dan
  sistematis 
 | 
 
2  
 | 
  
Penggunaan bahasa  
 | 
  
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan tidak terstrukutur 
 | 
  
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan terstrukutur 
 | 
  
Menggunakan bahasa yang baik, baku, tetapi kurang terstrukutur 
 | 
  
Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstrukutur  
 | 
 
3  
 | 
  
Kejelasan menyampaikan  
 | 
  
Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar, berteletele 
 | 
  
Artikulasi jelas, suara terdengar, tetapi berteletele 
 | 
  
Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele 
 | 
  
Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak
  bertele-tele  
 | 
 
4  
 | 
  
Komunikatif  
 | 
  
Membaca catatan sepanjang menjelaskan  
 | 
  
Pandangan lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan dari pada
  audiens 
 | 
  
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada
  catatan, tanpa ada gestur tubuh 
 | 
  
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada
  catatan, dan menggunakan gestur yang membuat audiens memperhatikan  
 | 
 
5  
 | 
  
Kebenaran  
Konsep  
 | 
  
Menjelaskan 1 dari 4 konsep esensial dengan benar  
 | 
  
Menjelaskan 2 dari 4 konsep esensial dengan benar 
 | 
  
Menjelaskan 3 dari 4 konsep esensial dengan benar 
 | 
  
Menjelaskan seluruh konsep esensial dengan benar 
 | 
 
5)Kinerja
Praktikum 
Nama Siswa 
                    :
________________________________________________________
Kelas  
                                 :
________________________________________________________
No  
 | 
  
Aspek/Kinerja yang Diharapkan  
 | 
  
Penilaian  
 | 
  
Ket  
 | 
 |||
4  
 | 
  
3  
 | 
  
2  
 | 
  
1  
 | 
 |||
A.Persiapan Praktikum  
 | 
  ||||||
1  
 | 
  
Membawa perlengkapan praktikum (alat/bahan yang ditugaskan)  
 | 
  |||||
2  
 | 
  
Memakai jas lab dan berpenampilan rapi  
 | 
  |||||
B.Selama Kegiatan Praktikum  
 | 
  ||||||
3  
 | 
  
Mengambil         bahan   dengan                 rapi
         dan tidak berceceran  
 | 
  |||||
4  
 | 
  
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan  
 | 
  |||||
5  
 | 
  
Mengoperasikan alat dengan benar  
 | 
  |||||
6  
 | 
  
Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur praktikum  
 | 
  |||||
7  
 | 
  
Memfokuskan      perhatian         pada           kegiatan
   
 | 
  |||||
No  
 | 
  
Aspek/Kinerja yang Diharapkan  
 | 
  
Penilaian  
 | 
  
Ket  
 | 
 |||
4  
 | 
  
3  
 | 
  
2  
 | 
  
1  
 | 
 |||
praktikum/tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan
  prosedur praktikum  
 | 
  ||||||
8  
 | 
  
Memiliki minat terhadap aktivitas praktikum  
 | 
  |||||
9  
 | 
  
Terlibat secara aktif dalam kegiatan praktikum  
 | 
  |||||
10  
 | 
  ||||||
11  
 | 
  
Menafsirkan hasil pengamatan dengan benar  
 | 
  |||||
12  
 | 
  
Menyajikan data secara sistematis dan komunikatif  
 | 
  |||||
13  
 | 
  
Menganalisis data secara induktif  
 | 
  |||||
14  
 | 
  
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil praktikum  
 | 
  |||||
C.Kegiatan Akhir Praktikum  
 | 
  ||||||
15  
 | 
  
Membersihkan alat yang telah dipakai  
 | 
  |||||
16  
 | 
  
Membersihkan meja praktikum dari sampah dan bahan yang telah dipakai  
 | 
  |||||
17  
 | 
  
Mengembalikan alat ke tempatnya semula dalam keadaan kering  
 | 
  |||||
INFO DAPAT UANG RECEH