iklanku

kasihku

rinduku

Friday, September 28, 2018

PENGEMBANGAN UNIT PEMBELAJARAN BERBASIS STEM


LK MP 4.2.2
PENGEMBANGAN UNIT PEMBELAJARAN BERBASIS STEM

Tujuan : setelah mengkaji contoh unit pembelajaran STEM yang dikembangkan diharapkan Anda dapat memahami penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran PJBL atau 5E

Langkah Kegiatan:
a)      Siapkan unit pembelajaran berbasis STEM
b)      Kajilah seluruh komponen unit pembelajaran mulai bagian pendahuluan, pedoman guru dan lampiran melalui kegiatan diskusi kelompok terpumpun menggunakan format-format berikut!
c)      Rancanglah disain pembelajaran dan skenario pembelajarannya sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu



Disain Pembelajaran

Mata Pelajaran      : OPERATING SISTEM
Kelas/Semester      : 10/1

1.        Disain pembelajaran

Topik/ Materi
Konsep Esensial
Deskripsi
STEM Project Based Learning
Scientific & Enginering Practice
Crosscutting Concept
Pembuatan Bootable Sistem Operasi
Menggunakan Flasdisk
sistem operasi adalah sistem dasar sebuah komputer dan digunakan untuk pengisntalan aplikasi - aplikasi pendukung
Reflektion : Peserta didik diminta untuk berpikir apa apa yang harus dilakukan ketika terjadi rusaknya OS pada komputer

Research : Peserta didik diskusi tentang teknik pembuatan macam macam bootable menggunakan bahan bacaan dari buku atau internet.

Discovery : Peserta didik mendesain cara pembuatan bootable OS dengan menerapkan konsep booting usb fist, serta mendesain langkah-langkah proyek.

Aplication : Peserta didik menguji desain dengan melakukan percobaan dengan bermacam-macam jenis flasdisk. Pada kegiatan ini diminta untuk mengkalkulasi biaya dan spesifikasi flasdisk yang di gunakan pada proyek ini.

Comunication : presentasi proyek pembuatan bootable OS dan mengkomunikasikan kegiatan proyek antar teman maupun lingkup kelas.







-          Membuat pertanyaan (sain) dan menemukan masalah (engineering)
-          Mengembangan dan menggunakan model
-          Merencanakan dan melakukan investigasi
-          Analisis dan interpretasi data menggunakan pola berpikir matematis dan komputasi
-          Membangun eksplanasi (sain) dan mendesain solusi (egineering)
Mendapatkan, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi
-          Pola
-          Sebab dan Akibat
-          Skala, Proporsi dan Kuantitas
-          Sistem dan Model Sistem
-          Energi dan Materi: Aliran, Siklus dan Konservasi
-          Strukur dan Fungsi











2.       Skenario Pembelajaran

Pertemuan 1.
Pengalaman Belajar
1. Reflection (Refleksi) 





·        . Peserta didik dibagi menjadibeberapa kelompok
·        Peserta didik diminta mengamati tayangan video tentang proses pembuatan bootable OS
·        Guru memberikan pertanyaan ill-define problem
·        Peserta didik mengamati penyebab kegagalan pada flasdisk tertentu
·        Peserta didik mengamati pembuatan bootable  OS  yang benar
·        Peserta didik mencari  solusi    ketika terjadi trouble pada flasdisk dan Master OS
·        Guru menyampaikan masalah terkait proyek pembuatan bootable OS
Guru membagikan LKS (Lembar Kerja Siswa).............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Research (Penelitian) 





·         Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai proses pembuatan bootable OS
·         Peserta didik dibimbing guru melakukan prosedur K3 dalam pembuatan bootable OS
·         Peserta didik dibimbing guru melakukan melakukan prosedur pembuatan bootable OS
·         Peserta didik dibimbing guru menggunakan DOS untuk formating flasdisk
·         Peserta didik dibimbing menemukan pemecahan masalah tentang prosedur penggunaan DOS
·         Peserta didik diarahkan untuk menemukan prosedur pembuatan bootable OS
Guru memberikan peerassessment untuk melihat keaktifan masing-masing siswa dalam kelompok..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Discovery (Penemuan)





·         Peserta didik diarahkan untuk membuat rancangan atau desain pembuatan bootable OS
·         Peserta didik diberikan pilihan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan proyek pembuatan bootable OS
·         Peserta didik menekankan kembali proses desain rekayasa (Engineering Design Process) dalam proyek pembuatan bootable OS
·         peserta didik diminta untuk menuliskan semua rencana/ide dari setiap anggota yang muncul
·         Peserta didik menentukan rancangan model pembuatan bootable OS
Hasil diskusi kelompok dan menggambarkan rancangannya sesuai dengan panduan yang terdapat dalam LKS yang telah dibagikan..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Application (Penerapan)





·         Peserta didik diarahkan guru untuk melakukan proses pembuatan bootable OS
·         Peserta didik menguji coba keberhasilan
·         Peserta didik mengkaji ulang jika terjadi ada permasalahn dalam pembuatan bootable OS
·         Peserta didik diarahkan untuk memahami proses pembuatan bootable dilakukan pada kegiatan proyek lanjutan.
·         Peserta didik diarahkan untuk menuliskan kesimpulan prosedur pembuatan bootable OS
·         Guru melakukan penilaian kinerja terhadap keaktifan masing masing peserta didik.

5. Communcation (Komunikasi)

·           Peserta didik mendapat arahan aturan teknis presentasi
·           Pesrta didik dimonitor Guru pada kegiatan presentasi kelompok
·           Peserta didik mempresentasikan hasil proyek yang telah diuji coba dan menekankan pada komunikasi yang persuasif
·         Peserta didik diberi kesempatan bertanya pada kelompok lain
5.Penutup






·         Guru merefleksi hasil kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan      kegiatan pembelajaran berikutnya.



Pertemuan 2
 dst

0 komentar :

Post a Comment