LK
MP 4.2.2
|
Tujuan : setelah mengkaji contoh unit
pembelajaran STEM yang
dikembangkan diharapkan Anda dapat memahami penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran menggunakan model
pembelajaran PJBL atau 5E
Langkah Kegiatan:
a)
Siapkan unit pembelajaran berbasis STEM
b)
Kajilah seluruh komponen unit
pembelajaran mulai bagian pendahuluan, pedoman guru dan lampiran melalui
kegiatan diskusi kelompok terpumpun menggunakan format-format berikut!
c)
Rancanglah disain pembelajaran dan skenario
pembelajarannya sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu
Disain Pembelajaran
Mata
Pelajaran : OPERATING SISTEM
Kelas/Semester : 10/1
1.
Disain pembelajaran
Topik/ Materi
|
Konsep Esensial
|
Deskripsi
STEM Project Based Learning
|
Scientific
& Enginering Practice
|
Crosscutting
Concept
|
Pembuatan
Bootable Sistem Operasi
Menggunakan
Flasdisk
|
sistem
operasi adalah sistem dasar sebuah komputer dan digunakan untuk pengisntalan
aplikasi - aplikasi pendukung
|
Reflektion : Peserta
didik diminta untuk berpikir apa apa yang harus dilakukan ketika terjadi rusaknya
OS pada komputer
Research : Peserta didik diskusi tentang teknik
pembuatan macam macam bootable menggunakan bahan bacaan dari buku atau
internet.
Discovery : Peserta didik mendesain cara
pembuatan bootable OS dengan menerapkan konsep booting usb fist, serta
mendesain langkah-langkah proyek.
Aplication : Peserta didik menguji desain dengan
melakukan percobaan dengan bermacam-macam jenis flasdisk. Pada kegiatan ini
diminta untuk mengkalkulasi biaya dan spesifikasi flasdisk yang di gunakan
pada proyek ini.
Comunication : presentasi proyek pembuatan
bootable OS dan mengkomunikasikan kegiatan proyek antar teman maupun lingkup
kelas.
|
-
Membuat pertanyaan (sain) dan menemukan
masalah (engineering)
-
Mengembangan dan menggunakan model
-
Merencanakan dan melakukan investigasi
-
Analisis dan interpretasi data menggunakan
pola berpikir matematis dan komputasi
-
Membangun eksplanasi (sain) dan mendesain
solusi (egineering)
Mendapatkan,
mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi
|
-
Pola
-
Sebab dan Akibat
-
Skala, Proporsi dan
Kuantitas
-
Sistem dan Model Sistem
-
Energi dan Materi:
Aliran, Siklus dan Konservasi
-
Strukur dan Fungsi
|
2. Skenario Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pengalaman Belajar
|
|
1. Reflection (Refleksi)
|
·
. Peserta didik dibagi menjadibeberapa
kelompok
·
Peserta didik diminta
mengamati tayangan video tentang proses pembuatan bootable OS
·
Guru
memberikan pertanyaan ill-define
problem
·
Peserta didik mengamati
penyebab kegagalan pada flasdisk tertentu
·
Peserta didik mengamati pembuatan
bootable OS yang benar
·
Peserta didik mencari solusi ketika
terjadi trouble pada flasdisk dan
Master OS
·
Guru menyampaikan masalah
terkait proyek pembuatan bootable OS
Guru membagikan LKS (Lembar
Kerja Siswa).............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
2. Research (Penelitian)
|
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi mengenai proses pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik dibimbing guru melakukan prosedur K3 dalam pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik dibimbing guru melakukan melakukan prosedur pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik dibimbing guru menggunakan DOS untuk
formating flasdisk
·
Peserta
didik dibimbing menemukan pemecahan masalah tentang prosedur penggunaan DOS
·
Peserta
didik diarahkan untuk menemukan prosedur pembuatan bootable OS
Guru memberikan peerassessment untuk melihat keaktifan masing-masing siswa dalam
kelompok..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
3. Discovery (Penemuan)
|
·
Peserta
didik diarahkan untuk membuat rancangan atau desain pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik diberikan pilihan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan
proyek pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik menekankan kembali proses desain rekayasa (Engineering Design Process) dalam proyek pembuatan bootable OS
·
peserta didik diminta untuk
menuliskan semua rencana/ide dari setiap anggota yang muncul
·
Peserta
didik menentukan rancangan model pembuatan
bootable OS
Hasil diskusi kelompok dan menggambarkan
rancangannya sesuai dengan panduan yang terdapat dalam LKS yang telah
dibagikan..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
4. Application (Penerapan)
|
·
Peserta
didik diarahkan guru untuk melakukan proses pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik menguji coba keberhasilan
·
Peserta
didik mengkaji ulang jika terjadi ada permasalahn dalam pembuatan bootable OS
·
Peserta
didik diarahkan untuk memahami proses pembuatan
bootable dilakukan pada kegiatan proyek
lanjutan.
·
Peserta didik diarahkan untuk
menuliskan kesimpulan prosedur pembuatan bootable OS
·
Guru melakukan penilaian
kinerja terhadap keaktifan masing masing peserta didik.
|
5. Communcation (Komunikasi)
|
·
Peserta didik mendapat arahan
aturan teknis presentasi
·
Pesrta didik dimonitor Guru
pada kegiatan presentasi kelompok
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil proyek yang telah diuji coba dan menekankan pada komunikasi yang
persuasif
·
Peserta didik diberi kesempatan
bertanya pada kelompok lain
|
5.Penutup
|
·
Guru
merefleksi hasil kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan kegiatan pembelajaran berikutnya.
|
Pertemuan 2
0 komentar :
Post a Comment