LK MP.4
|
PENGEMBANGAN RPP
Tujuan
: Pada kegiatan ini diharapkan Anda
mengembangkan RPP berbasis STEM
Langkah Kegiatan:
1.
Siapkan dokumen kurikulum, buku teks mata
pelajaran dan petunjuk pengembangan RPP
2.
Buatlah RPPuntuk topik IPA terpilih hasil analisis STEM mengacu pedoman penyusunan
RPP yang berlaku
FORMAT RPP
A. Identitas
1. Sekolah :
SMK WALI SONGO NGAWEN
2. Mata Pelajaran : SISTEM OPERASI
3. Kelas/Semester : 10/1
4. Materi Pokok :
Teknik Pembuatan bootable OS
5. Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
B. Kompetensi Inti (KI)
1.
Pengetahuan
(KI - 3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup Pembuatan bootable OS pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.
Keterampilan
(KI - 4)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian Pembuatan bootable OS Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KD 3
|
KD 4
|
3.7 Mengevaluasi Pembuatan bootable OS
|
4.7
Melakukan Pembuatan bootable OS
|
Indikator
|
Indikator
|
3.7 .1 Menjelaskan
dasar pembuatan
bootable OS
3.7.2
Menentukan
cara Pembuatan bootable OS
3.7.3
Menentukan
cara pengujian hasil Pembuatan bootable OS
|
4.7.1
Melakukan
Pembuatan bootable OS
4.7.2
Menguji
hasil Pembuatan bootable OS pada komputer
|
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran model project based learning dengan menggunakan pendekatan STEM,
peserta didik secara kritis, kreatif dan
komunikatif mampu melakukan Pembuatan bootable OS serta menguji hasil Pembuatan
bootable OS secara jujur, kerja sama, dan tanggung jawab
E. Materi Pembelajaran
1.
Prosedur menggunakan Bootable OS
2.
Prosedur K3 Pembuatan bootable OS
3.
Prosedur Pembuatan bootable OS
4.
Prosedur penggunaan CMD
F. Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
STEM Education
2.
Model
: Project Based
Learning
3.
Metode
: Diskusi, proyek,
pemberian tugas
G. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
Media :
1.
Materi
Power Point
2.
Internet
3.
LCD
4.
Komputer
5.
White Board
Alat dan Bahan
1. Master
OS
2.
Flasdisk
3.
CMD
H. Sumber Belajar
Internet, WWW.MRJANTO.BLOGSPOT.COM
Modul SISTEM
OPERASI, PPPPTK BOE MALANG
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (6 JP)
Pertemuan ke 1 ( 6 JP x 45 Menit)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
(Menit)
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dilanjutkan dengan menanyakan
kabar siswa dan kesiapan belajar
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru memberikan apersepsi
·
Guru mereview materi pertemuan sebelumnya tentang
peralatan bootable OS dan
karakteristiknya
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Fase 1: Reflection
|
·
Peserta didik dibagi menjadibeberapa kelompok
·
Peserta didik diminta mengamati tayangan
video tentang proses Pembuatan bootable OS
·
Guru memberikan pertanyaan ill-define problem
·
Peserta didik mengamati penyebab kegagalan
sambungan kabel bootable OS Peserta
didik mengamati Pembuatan bootable OS yang benar
·
Peserta didik mencari solusi ketika terjadi trouble pada saat Pembuatan bootable OS
·
Peserta didik menggunakan splicer sesuai dengan
SOP
·
Guru menyampaikan masalah terkait proyek Pembuatan bootable OS
·
Guru membagikan LKS (Lembar Kerja Siswa)
|
20
|
Fase 2: Research
|
·
Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai
proses menyambung kabel bootable OS
·
Peserta didik dapat menggunakan splicer sesuai
SOP
·
Peserta didik dibimbing guru melakukan prosedur
K3 dalam Pembuatan bootable OS
·
Peserta didik dibimbing guru melakukan melakukan
prosedur Pembuatan bootable OS
·
Peserta didik dibimbing guru menggunakan CMD
·
Peserta didik dibimbing siswa menemukan pemecahan
masalah tentang prosedur penggunaan CMD
·
Peserta didik diarahkan untuk menemukan prosedur Pembuatan bootable OS
·
Guru memberikan peerassessment untuk melihat keaktifan masing-masing siswa dalam
kelompok
|
30
|
|
Fase 3: Discovery
|
·
Peserta didik diarahkan untuk membuat rancangan atau
desain Pembuatan bootable OS
·
Peserta didik diberikan pilihan alat dan bahan
yang akan digunakan dalam pembuatan proyek Pembuatan bootable OS
·
Peserta didik menekankan kembali proses desain
rekayasa (Engineering Design Process)
dalam proyek Pembuatan bootable OS
·
peserta didik diminta untuk menuliskan semua rencana/ide dari setiap
anggota yang muncul
·
Peserta didik menentukan rancangan model penyambungan
dengan hasil terbaik
·
Hasil diskusi kelompok dan menggambarkan
rancangannya sesuai dengan panduan yang terdapat dalam LKS yang telah
dibagikan
|
30
|
|
Fase 4: Application
|
·
Peserta didik diarahkan guru untuk melakukan
proses pembuatan bootable OS
·
Peserta didik menguji coba keberhasilan
·
Peserta didik mengkaji ulang jika terjadi ada
permasalahn dalam penyambungan
·
Peserta didik diarahkan untuk memahami proses
penyambungan dilakukan pada kegiatan proyek lanjutan.
·
Peserta didik diarahkan untuk menuliskan
kesimpulan prosedur Pembuatan bootable OS
·
Guru melakukan penilaian kinerja terhadap
keaktifan masing masing peserta didik.
|
150
|
|
Fase 5:
Communication
|
·
Peserta didik mendapat arahan aturan teknis
presentasi
·
Pesrta didik dimonitor Guru pada kegiatan presentasi
kelompok
·
Peserta didik mempresentasikan hasil proyek yang
telah diuji coba dan menekankan pada komunikasi yang persuasif
·
Peserta didik diberi kesempatan bertanya pada
kelompok lain
|
25
|
|
Penutup
|
·
Guru merefleksi hasil kegiatan pembelajaran.
·
Menginformasikan kegiatanpembelajaran
berikutnya.
|
5
|
J. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : Tes
Tertulis/Lisan/Penugasan*)
c. Penilaian Keterampilan :
Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)
*) coret yang tidak perlu
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas
peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian laporan
3. Instrumen Penilaian
1.Penilaian
Sikap
a.Lembar Penilaian Diri
Penilaian
diri setelah peserta didik belajar Pembuatan bootable OS
Penilaian Diri
Topik:
...................... Nama:
................
Kelas: ...................
Setelah mempelajari materi Pembuatan bootable OS, anda dapat melakukan
penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai
dengan kemampuan.
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
Sudah memahami
|
Belum
memahami
|
||
1.
|
Memahami konsep kabel fiber optik
|
||||
2.
|
Memahami K3LH dalam proses Pembuatan
bootable OS
|
||||
3
|
Memahami
prosedur Pembuatan bootable OS
|
||||
3
|
Memahami
set alat Pembuatan bootable OS
|
||||
4
|
Memahami cara melakukan pengelupasan core
kabel fiber optik
|
||||
5
|
Dapat melakukan Pembuatan bootable OSsesuai prosedur
|
||||
Penilaian diri setelah peserta didik
belajar Pembuatan bootable OS
Penilaian Diri
Tugas: ............................
Nama:
..........................
Kelas:
..............................
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom
yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama
dengan teman satu kelompok
|
||||
2
|
Saya
melakukan tugan sesuai jadwal
|
||||
3
|
Saya mencatat
data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
|
||||
4
|
Saya
melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
|
||||
5
|
Sebelum
melakukan tugas terlebih dahulu saya membaca literatur yang mendukung tugas
|
Rubrik Penilaian
|
Nilai
|
Jika menjawab Ya, Skor= 2
Jika menjawab
Tidak, Skor= 1
|
b.Penilaian Antar Teman
Format
penilaian antar peserta didik
Penilaian antar Peserta
Didik
Topik: Pembuatan
bootable OS Nama
Teman yang dinilai:
Tanggal
Penilaian: 30 -08 -2018 Nama
Penilai:
-
Amati perilaku temanmu
dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran Kimia
-
Berikan tanda v pada
kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
|
|||||
No
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|||
YA
|
TIDAK
|
||||
1.
|
Mau menerima pendapat teman
|
||||
2.
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
||||
3.
|
Memberi solusi terhadap pendapat yang
bertentangan
|
||||
4.
|
Mau bekerjasama dengan semua teman
|
||||
5.
|
Disiplin pada saat belajar
|
||||
2. Penilaian Kinerja
Praktikum
Nama Siswa :
__________________________________________________
Kelas
: __________________________________________________
No
|
Aspek/Kinerja yang Diharapkan
|
Penilaian
|
Ket
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
A.Persiapan Praktikum
|
||||||
1
|
Membawa perlengkapan praktikum (alat/bahan
yang ditugaskan)
|
|||||
2
|
Memakai wear pack dan berpenampilan rapi
|
|||||
B.Selama Kegiatan
Praktikum
|
||||||
3
|
Menyiapkan alat dan bahan dengan rapi dan
tidak berceceran
|
|||||
4
|
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan
|
|||||
5
|
Mengoperasikan alat dengan benar
|
|||||
6
|
Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur
praktikum
|
|||||
7
|
Memfokuskan perhatian pada kegiatan
praktikum/ tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan
prosedur praktikum
|
|||||
8
|
Memiliki minat terhadap aktivitas praktikum
|
|||||
9
|
Terlibat secara aktif dalam kegiatan
praktikum
|
|||||
10
|
Mengamati hasil praktikum dengan cermat
|
|||||
11
|
Menafsirkan hasil pengamatan dengan benar
|
|||||
12
|
Menyajikan data secara sistematis dan
komunikatif
|
|||||
13
|
Menganalisis data secara induktif (dari
kegiatan Pembuatan bootable OS yang dilakukan sampai hasilnya benar, hingga
langkah-langkahnya dapat digeneralisasi sebagai SOP Pembuatan bootable OS).
|
|||||
14
|
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil
praktikum
|
|||||
C.Kegiatan Akhir
Praktikum
|
||||||
15
|
Membersihkan alat yang telah dipakai
|
|||||
16
|
Membersihkan meja praktikum dari sampah dan
bahan yang telah dipakai
|
|||||
17
|
Mengembalikan alat ke tempatnya semula
dalam keadaan kering
|
Nilai =
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
……………………………
NIP ……………………..
|
……………, ………….. 2018
Guru Mata Pelajaran,
………….………………………
NIP ……………………………
|
LAMPIRAN
:
1.
Bahan ajar
2.
Instrumen
Penilaian
Nama :
No. Absen :
Kelas :
|
JOBSHEET 1
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran model
project based learning dengan menggunakan pendekatan STEM, peserta didik secara
kritis, kreatif dan komunikatif mampu
melakukan Pembuatan bootable OS serta menguji hasil Pembuatan bootable OS secara
jujur, kerja sama, dan tanggung jawab
II.
PETUNJUK PENGERJAAN
·
Tuliskan langkah – langkah cara melakukan
penyambungan fiber optik
·
Jawab pertanyaan sejumlah 5 soal pada form
yang telah disediakan di dalam jobsheet ini
III.
PROSEDUR OPERASI STANDAR
·
Baca modul ini dan pahami apa saja alat dan
bahan yang dibutuhkan untuk proses Pembuatan bootable OS
·
Siapkan alat dan bahan yang sudah dituliskan
di dalam modul jobsheet 1 ini
·
Ambil bolpoin
·
Tuliskan langkah – langkah proses
penyambungan fiber optik sampai selesai pada form yang telah disediakan (Form
Tahapan Penginstalan)
·
Jika sudah lanjutkan untuk mengerjakan soal
·
Jawab soal pada form yang telah disediakan
·
Jika
sudah selesai jobsheet dapat dikumpulkan
IV.
ALAT DAN BAHAN
NO
|
ALAT/BAHAN
|
|
1
|
Master OS
|
|
2
|
Flasdisk
|
|
3
|
CMD/DOS
|
V.
MATERI
Pertama siapkan dulu USB flashdisk yang akan digunakan beserta file ISO
installer Windows. Setelah itu tancapkan flashdisk di PC, dan setelah
terdeteksi buka Run (Win + R) -> ketikkan diskpart -> Enter
Window CMD diskpart akan terbuka, ketikkan list disk -> Enter
Lihat Disk berapa USB flashdisk kamu.
Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah melalui ukuran (size) flashdisk tersebut.
Dalam contoh ini, USB flashdisk WinPoin adalah Disk 3.
Setelah itu, ketikkan select disk 3 (ganti 3 dengan ID dari urutan disk USB flashdisk kamu) -> Enter
Ketikkan clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi, file system, dan data yang masih tersimpan
di USB Flashdisk. Pastikan proses cleaning diskpart tersebut berhasil.
Setelah itu ketikkan create partition
primary -> Enter. Pastikan proses pembuatan partisi
berhasi
Setelah itu jadikan partisi tersebut sebagai active dengan cara
mengetikkan active -> Enter. Pastikan partisi sudah berhasil di set sebagai active.
Format partisi tersebut dengan file system FAT32.
Caranya cukup ketikkan format
fs=fat32 label=febian quick -> Enter (ubah
nama label dengan nama yang kamu inginkan)
Setelah berhasil, maka flashdisk kamu sudah menjadi
partisi primary yang aktif dan bootable. Close window diskpart dengan
mengetikkan exit.
Kini kamu tinggal mount saja file ISO installer
Windows dan copy semua isinya ke flashdisk tersebut.
Setelah semua isi tercopy kedalam flashdisk, maka
flashdisk tersebut siap untuk kamu gunakan untuk menginstall Windows.
Icon USB flashdisk itupun sudah bukan icon storage
lagi, melainkan icon installer seperti ini
-
Topik : Melakukan Pembuatan
bootable OS.
-
Membuat prosedur Pembuatan bootable OSbisa
berupa video, flowchart
3.7.
Mengevaluasi penyambungan bootable OS
4.7. Melakukan sambungan bootable OS
Indikator :
1. Merancang
prosedur penyambungan fiber optik
2. Melakukan sambungan fiber
optik sesuai dengan prosedur
1)Melakukan
sambungan fiber optik sesuai
dengan prosedur
LAPORAN TUGAS PROYEK
MATA
PELAJARAN :
TOPIK :
TUGAS :
Melakukan sambungan fiber optik sesuai dengan prosedur
NAMA : ……………………………………………………
KELAS :
XI
|
|||
Tugas
|
Laporan Kegiatan
|
||
Mempelajari
konsep penyepuhan dan perangkat sel elektrolisis untuk proses
penyepuhan
|
Tanggal:
Laporan:
|
||
Membuat
rancangan percobaan penyepuhan dengan cara sebagai berikut:
|
Tujuan Percobaan
|
||
Alat:
Bahan:
|
|||
Gambar rancangan perangkat sel elektrolisis untuk
proses penyepuhan
|
|||
Cara kerjanya
|
2)Laporan
Uji Coba Rancangan Praktik Penyepuhan
LAPORAN PENGUJIAN ALAT
MATA
PELAJARAN: Kimia
TOPIK : Elektrolisis
SUB TOPIK : Elektroplating/Penyepuhan
TUGAS : Melakukan penyepuhan suatu benda
NAMA :
……………………………………………………
KELAS : XII
…….
Tanggal :
...........
|
|||
Tahap kegiatan
|
Laporan Hasil pengamatan
|
||
1. Melakukan percobaan penyepuhan ke 1
|
|||
2. Melakukan percobaan penyepuhan ke 2
|
|||
3. Melakukan percobaan penyepuhan ke 3
|
Catatan :
sertakan hasil penyepuhan yang paling baik untuk laporan. 3)Laporan
Penelitian
LAPORAN PENELITIAN
PETUNJUK
KHUSUS
Berdasarkan hasil kegiatanmu ini, tulislah
sebuah laporan penelitian sederhana
tentang penyepuhan. Buat Judul yang menarik , tulis laporan secara sistematis.
JUDUL
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
4)Presentasi
Penilaian
Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Sistematika
Presentasi
|
Penggunaan bahasa
|
Kejelasan menyampaikan
|
Komunikatif
|
Kebenaran
Konsep
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
....
|
||||||
Rubrik
Penilaian Presentasi
No.
|
Indikator Penilaian
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat Baik
|
||
1
|
Sistematika
Presentasi
|
Materi presentasi diajukan secara tidak runtut dan tidak sistematis
|
Materi presentasi diajukan secara kurang runtut dan tidak sistematis
|
Materi presentasi diajukan secara runtut tetapi kurang sistematis
|
Materi presentasi diajukan secara runtut dan
sistematis
|
2
|
Penggunaan bahasa
|
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan tidak terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, dan terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, baku, tetapi kurang terstrukutur
|
Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstrukutur
|
3
|
Kejelasan menyampaikan
|
Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar, berteletele
|
Artikulasi jelas, suara terdengar, tetapi berteletele
|
Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele
|
Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak
bertele-tele
|
4
|
Komunikatif
|
Membaca catatan sepanjang menjelaskan
|
Pandangan lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan dari pada
audiens
|
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada
catatan, tanpa ada gestur tubuh
|
Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada
catatan, dan menggunakan gestur yang membuat audiens memperhatikan
|
5
|
Kebenaran
Konsep
|
Menjelaskan 1 dari 4 konsep esensial dengan benar
|
Menjelaskan 2 dari 4 konsep esensial dengan benar
|
Menjelaskan 3 dari 4 konsep esensial dengan benar
|
Menjelaskan seluruh konsep esensial dengan benar
|
5)Kinerja
Praktikum
Nama Siswa
:
________________________________________________________
Kelas
:
________________________________________________________
No
|
Aspek/Kinerja yang Diharapkan
|
Penilaian
|
Ket
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
A.Persiapan Praktikum
|
||||||
1
|
Membawa perlengkapan praktikum (alat/bahan yang ditugaskan)
|
|||||
2
|
Memakai jas lab dan berpenampilan rapi
|
|||||
B.Selama Kegiatan Praktikum
|
||||||
3
|
Mengambil bahan dengan rapi
dan tidak berceceran
|
|||||
4
|
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan
|
|||||
5
|
Mengoperasikan alat dengan benar
|
|||||
6
|
Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur praktikum
|
|||||
7
|
Memfokuskan perhatian pada kegiatan
|
|||||
No
|
Aspek/Kinerja yang Diharapkan
|
Penilaian
|
Ket
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
praktikum/tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan
prosedur praktikum
|
||||||
8
|
Memiliki minat terhadap aktivitas praktikum
|
|||||
9
|
Terlibat secara aktif dalam kegiatan praktikum
|
|||||
10
|
||||||
11
|
Menafsirkan hasil pengamatan dengan benar
|
|||||
12
|
Menyajikan data secara sistematis dan komunikatif
|
|||||
13
|
Menganalisis data secara induktif
|
|||||
14
|
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil praktikum
|
|||||
C.Kegiatan Akhir Praktikum
|
||||||
15
|
Membersihkan alat yang telah dipakai
|
|||||
16
|
Membersihkan meja praktikum dari sampah dan bahan yang telah dipakai
|
|||||
17
|
Mengembalikan alat ke tempatnya semula dalam keadaan kering
|
INFO DAPAT UANG RECEH
boleh minta dalam bentuk Doc pak
ReplyDelete